Sabtu, 03 Desember 2011

SUKA TEH CELUP?,...BACA INI DULU


Pada suka minum teh, kan?? Yah walopun bukan penggemar teh, atleast pasti hampir semua orang pernah dong yaa menikmati minuman 'alami' yang satu ini, dari yang dingin- dingin dengan campuran es batu sampai yang diseduh dengan air panas, pasti semuanya nikmat. Selain ampuh mengusir dahaga saat panas dan menghangatkan badan dikala dingin, teh juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita.
Bagi kalian yang suka minum teh, kalo boleh tahu, teh jenis apa yang sering kalian konsumsi? Teh kering (bubuk kasar) atau teh celup??... Bagi kalian yang masuk kategori "penggemar" teh celup, kayanya kudu simak deh info berikut ini,...sekedar sharing aja sih, tapi yaa syukur- syukur kalo bisa bermanfaat buat siapa aja yang nge-baca.
Oke, gini, pernah baca/ dengar (dari tetangga, temen, tv dll) yang nyebutin kalau "TEH CELUP ITU NGGAK SEHAT???"...
Jawabannya: Sebenernya basicly (betul nggak nih nulisnya?haha...), mau teh bubuk maupun teh celup, memiliki khasiat dan manfaat yang sama. *detail mengenai khasiatnya kalian cari sendiri ya infonya, lagian udah sering juga nongol di iklan2 teh di tv*. Kalau ada yang bilang teh celup itu  nggak sehat/ berbahaya, maka salahkan pada kantong pembungkusnya. Usut- punya usut ternyata pada kantong teh celup terkandung ZAT KLORIN. Zat klorin ini sebenernya gunanya untuk disinfektan si kertas pembungkus tadi, jadii~ si kertas pembungkus nggak gampang busuk/ jamuran gituh...
Nah loh... masalahnya lagi nih,... zat klorin ternyata bisa larut dalem air panas seduhan teh. Trus gimana dong?? Gini, cara yang paling aman adalah, mulai sekarang kalo lagi bikin teh celup, nyeduh teh celupnya jangan terlalu lama yee?? Bentar aja, cukup 2- 3 menitan. Ntar kalo nyeduhnya kelamaan, khawatirnya si klorin yang larut di air seduhan teh, tambah banyak.
Soal dampak/ efek samping jika terlalu banyak masukin zat klorin ke dalem peyut, adalaahhh...ini dia= walopun nggak ada dampak langsung, tapi kalo terus- terusan (dalam jangka waktu yang lama), menurut sebuah majalah kesehatan yang saya baca, zat klorin dalam kadar berlebih didalam tubuh bisa menyebabkan gangguan liver, ginjal dan jantung. Sip dehhh, udah pada tahu kaan, gimana caranya bikin teh celup yang aman dan nyaman... Selamat mencobaa ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar