Selasa, 11 Desember 2012

BAD-ASS KILLER (in the movie)


Suka nonton film horor- thriller?? Atau film fiksi tentang pembunuh berdarah dingin yang suka nguntit korbannya di hutan belantara yang sepi?? Atau film tentang hantu penasaran yang sukanya bikin kita sebagai penonton kadang- kadang/ sering ikutan setres+ jantungan saking kagetnya.... Atau film apalah jenis/ namanya, yang penting bisa bikin penonton puyeng, mual, shock sampe geleng-geleng saking setresnya tuh film. Kalo jawaban kalian "iya".... Sama dong seperti saya *toss dulu dong*...

Jujur, kalau saya pribadi sih bisa dibilang "lumayan doyan" sama kategori film ini. Nggak tau kenapa, rasanya asik aja gitu kalo nonton film yang bikin ndredeg dan sesekali bikin merinding. Kalau dihitung hitung sih mungkin ada puluhan jenis film horror yang sudah saya tonton dari jaman baheula dulu sampe sekarang. Mulai yang mistis/hantu-hantuan (macam The Ring, Excorcist, Chucky), trus yang berbau psikopat (I saw the devil, Saw, dll) sampai yang 'katanya' based on true events dan petualangan (The Texas chainsaw, Turistas, dll)...

Dari sederet film- film yang sudah pernah saya tonton, semuanya memiliki kesamaan garis cerita yang nggak jauh-jauh dari peristiwa bunuh- membunuh...(yaiyalah yaa, namanya juga film horror-thriller). Namun ada beberapa bagian dari film-film tersebut yang menurut saya memberikan kesan lebih, diantaranya dari segi penokohan, terutama pada tokoh jahatnya, entah itu dari penampilannya yang syerem, trik-trik/ cara dia menjebak korbannya, sampai pada trademark/ slentingan yang biasanya berupa kalimat/kata-kata yang dilontarkan si musuh (yang kadang kadang masih bikin terngiang di kuping saya walaoupun filmnya udah kelar, hihi...nakutin ya).

Nah, menurut versi saya nih ya, ada beberapa tokoh pembunuh dari beberapa film horor-thriller yang menurut saya bisa dikategorikan sebagai salah satu tokoh yang berhasil membuat film tersebut menjadi lebih dahsyat dan 'lebih hidup' dan masih diingat, bahkan sampai saat ini. Siapa aja?? Ini dia...

Freddy Krueger (NIGHTMARE ON ELM STREET). 

Seinget saya, pertama saya tau tokoh ini dari serial drama horor yang diputer di stasiun tv satu-satunya pada saat itu, TVRI (haisshh jadul total ya...). Beda sama tokoh jahat kebanyakan, si Freddy Kruger ini ceritanya suka ngobok-obok orang lewat mimpi (masih mending mimpi basah^^, lah ini mimpinya ketemu setan jadi-jadian trus pake acara dibunuh juga,...nggak deh, lo aja, makasih).

Sadako (THE RING). 

Sumpah awalnya saya nggak 'ngeh gitu (nggak tertarik dan nggak pengen nonton jg) waktu ada salah satu temen yang nawarin CD film ini. Abisnya, udah bosen sih sama film-film indo yang juga kaya akan berbagai bentuk tokoh setan didalamnya, trus filmnya kaya gitu pula...yah tau lah film horor indo modern kaya apaan bentuknya. Eh ternyata pas ditonton bareng-bareng...jreeenggg jreengg....bikin merinding juga hahaha.... Eh, tau dong ya, si Sadako, hantu di film The Ring yang biasanya ngesot keluar lewat layar TV, saya penasaran apa dia juga bisa ngesot keluar layar Laptop/ iPad ato BB???? ah nggak usah dijawab deh haha...

The Killers from Mountain (WRONG TURN). 

Hadoohhh....saya langsung setress pas pertama kali nonton seri pertama film ini. Gimana nggak coba, adegan tusuk-tusukannya itu lhoo...ampuun deh bikin puyeng sampe mual. Jadi gini, ceritanya disuatu hutan belantara di pegunungan yang hampir terisolasi dari modernisasi sebuah kota besar, ternyata tinggal sekelompok kecil manusia aneh yang suka makan apa aja termasuk manusia (kanibal). Bukan kelakuannya aja yang aneh, tapi bentuknya juga aneh, buruk rupa lah pokoknya. Dan apesnya lagi, masih adaaa aja segerombolan abg yang iseng jalan-jalan melewati daerah terpencil tersebut. Dan selanjutnya yaa gitu deh...tau sendiri kan, berbagai adegan sadis mulai bermunculan satu persatu. Saya masih inget waktu itu ada temen saya yang mukanya sampe merah+ sedia bantal sofa buat nutupin muka saking shock-nya pas nonton film ini....eh padahal kan cuman film ya hehehe...

Chucky. 

Aneh. Iya bahkan sampe saat ini saya masih menganggap  film ini aneh. Tapi teteupp ya musti ditonton juga. Mana ada boneka yang ukurannya mini unyu-unyu (tapi sumpah mukanya juelek pol bikin ilfil) bisa ngejedotin plus ngedel-edel orang dewasa sampe berdarah-darah nggak ketulungan. Ya hanya ada di film ini. Boneka setan sadis yang pas lagi nggak "kesurupan", tampilannya normal-normal aja bak boneka imut mainan anak-anak. Btw, pas sekuel terakhir, si boneka ini malah ketemu soulmatenya yang juga boneka...hadeeehhh.....

Jigsaw Killer/ Clown Puppets (SAW). 

"Oh Yessss, there will be blood..." adalah salah satu kalimat yang keluar dari mulut boneka badut salam film SAW. Kerennya film ini karena disetiap sekuelnya pasti muncul trik-trik baru yang dipake si pembunuh berantai ketika menjebak korbannya. Saking kreatifnya, si pembunuh ini punya bengkel pribadi dimana dia bisa membuat desain mainan mematikan yang diranncang khusus buat korbannya. Top deh, ya bikin ndredeg, ya bikin penasaran juga...

Michael Myers (HALLOWEN). 

Kalo yang ini sih asli ceritanya tentang "mas-mas sakit jiwa" akibat trauma masa kecil dan pas gedenya suka mbacok orang yang dianggapnya berkaitan, bersalah dan bertanggung jawab atas segala kejadian yang menimpanya di masa lalu. Yang bikin lumayan merinding ya apalagi kalo bukan topengnya itu. Topeng polos tapi nyeremin yang kalo pas dipake adegan membunuh jadi kliatan tambah serem kena cipratan darah-darahnya.... Mungkin efek nakutinnya bakal berkurang seandainya dia mau pakai topeng Dora atau Spongebob hahaha...

Pocong/ Kuntilanak dari film horor indo baheula. 

Asli deh film ini yang paling nakutin menurut saya. Tapi bukan film horor indo modern loh yaa... tapi film horor indo jaman baheula. Jaman dimana ikon horor kita, Suzanna masih ngebut banget nyetak film- film horor. Ya, kala itu saya masih usia anak-anak memang, tapi menurut saya yang sekarang udah gede pun, film- film tersebut masih berasa fenomenal.... Apa ada special effect??? Nggak juga. Malah menurut saya sih makeupnya yang minimalis tapi ekstrim itu yang berhasil bikin bulu kuduk merinding. Muka mlotot dengan bedak tebal warna putih serta tambahan eyeshadow hitam pekat diseputar mata, sejumput bola kapas di hidung dan nggak lupa balutan kain warna putih sambil ngomong gini "Bang.... Bang....beli satenya Bang..." Wiiihhh....gubrak-gubrak deh bikin pengsan ^^

The Killers from SCREAM. 

Film horor-thriller yang paling nggak nakutin versi saya. Tapi walaupun nggak sampe bikin bulu kuduk merinding, tapi serunya film ini pasti bikin heboh yang nonton. Alur ceritanya khas anak muda banget dengan sesekali diselingi adegan komedi. Soundtracknya juga didominasi lagu- lagu top-40 yang lagi ngetop saat film itu diputer dibioskop. Yang jadi Ikon/ Bintang utama selain tokoh utamanya ya pastilah si manusia berkostum jubah hitam dengan topeng hantu bermuka putih dengan mulut menganga, yang kemana-mana bawa pisau yang mirip pisau pramuka.... Dan pastinya selalu bikin saya salah nebak siapa pelaku yang pake kostum tersebut hehe....Apalagi di sekuel terakhirnya, film ini sukses bikin penonton gregetan total+ shock abis-abisan... Belum nonton?? Penasaran?? Nonton aja sendiri...^^

1 komentar: