Minggu, 23 Desember 2012

INVESTASI RUMAH, SERIUS NIH???



Ini sekilas percakapan saya dan tante saya kira-kira setahunan yang lalu:
Tante : "Kamu kok yo sek betah mbujang ae (menjomblo, red) toh.., trus gajimu mbok habisin buat apa aja?? Kalo sek blum kepikiran kapan nikah, yo gajimu itu mbok dibuat nyicil beli rumah gitu, biar kliatan wujud'e..."
Saya : "Duit dari mana..., dari hongkong??" 

Begitu kira- kira jawaban saya waktu itu, lah emang saya belum punya cukup uang kok, buat mbayar DP jika seandainya saya beli rumah, hehe...

Tapi serius, selama bertahun- tahun berikutnya percakapan tersebut sekilas-sekilas kadang masih muncul dalam benak saya kalo pas lagi ngelamun (halahh...). Dan lambat laun mulai muncul rasa penasaran dan juga sebuah pertanyaan dalam hati, "Apa iya, saya bisa beli rumah sendiri???". Karena saya berlatar belakang dari keluarga biasa-biasa aja, jadi yaa... kalo misal nanti saya beli rumah, maka duitnya ya mau nggak mau dari apa yang saya hasilkan dari pekerjaan saya, nggak mau ngerepotin orang tua karena beliau berdua masih punya 'tanggungan' menyelesaikan kuliah adik saya. Kakak- kakak saya pun udah pada ribet ngurusin rumah tangga masing- masing.

Fyi, selepas kuliah dulu saya bekerja sebagai drafter di salah satu perusahaan property, kemudian saya milih part-time sambil buka usaha furniture, dan akhirnya sekarang saya full time (lagi) sebagai desainer interior di salah satu perusahaan property di kota saya. Dan selama beberapa tahun belakangan saya juga secara iseng- iseng ngikutin perkembangan harga property (terutama rumah), dari selebaran dan brosur- brosur yang bertebaran hampir di setiap sudut mall dan pertokoan. Ada satu kenyataan yang bener-bener nyata yang tersirat secara terang- terangan disetiap brosur yang saya baca dari waktu ke waktu, kenyataan itu adalah: HARGA PROPERTY/ RUMAH PASTI NAIK HAMPIR SETIAP 6 BULAN SEKALI. 

"Heeehhh???" Kaget deh saya. Busyet... cepet banget naiknya ya? Secara gaji saya aja belum tentu naik tiap 6 bulan sekali, hiks.

Trus gimana dong supaya saya bisa "nge-rem" harga rumah biar nggak naik terus dan tambah naik lagi dari waktu ke waktu?? Salah satu caranya dan udah pasti bisa nge-rem harga tsb ya beli aja rumahnya sekarang. Degh....iyaya. 

Dan akhirnya, minggu kemarin saya beranikan diri untuk datang ke salah satu kantor pemasaran perumahan di kota saya untuk sekedar konsultasi segala sesuatu mengenai pembelian rumah beserta segala macam persyaratannya. Meskipun saya pribadi udah familiar dengan perihal tersebut tapi tetep aja saya masih grogi dan ndredeg kalo urusannya sama calon rumah pribadi. Dan fiuuuhh.... dengan segala ke-nekat-an, saya beranikan diri membeli salah satu rumah type kecil dengan harga sekian-xx dan uang muka sekian-xx. Sisa pembayarannya saya ambil KPR Bank. 

Hampir semua persyaratan sudah saya lengkapi, seperti fotocopy ID, kartu keluarga, NPWP, slip gaji, buku tabungan, dll. Sisanya tinggal nunggu keputusan dari bank, apakah permohonan KPR saya bisa disetujui atau nggak. Wuiihhh ndredegnya itu lho,... Apapun keputusannya nanti, nggak masalah buat saya. Saya sudah siap. Paling nggak, saya sudah mencoba untuk mewujudkan salah satu resolusi saya sebelum tutup tahun 2012 untuk punya rumah sendiri. Kalo gagal, ya coba lagi dong ^^

4 komentar:

  1. aaa ugoox!!! kau beli rumaaah...big step forward banget itu! jangan lupa interiornya musti outstanding ya! haha...
    eniwei rumah disana brapa gox?

    BalasHapus
  2. ampyuunn ini lho aku lagi mabok kayae hahaha.....bisa2e nekat beli rumah pdhl bujet super pas-pasan....Nyoba aja deh...hasilnya liat aja ntar.... sumpah ndredeg haha...
    Oiya dong interior kudu abis abisan mana udah ngebayanginnya sampe kmana- mana haha padahal sek blom jadi rumahe

    Kalo disini type 45 standar sekitar 150jt-an. Tampaknya masih jauh lebih murah dibandingin di Sby yeee ^^

    BalasHapus
  3. oo perumahane msh dlm tahap pembangunan?
    tipe 45 150jt sih gak murah lagi, kalo disini ada harga segitu bisa sehari soldout tuh..haha...

    tapi emang sih kalo gk dipaksain gitu bisa gak beli2 tuh.. :D

    BalasHapus
  4. Nah ntu dia, mumpung msh ada yang harga "teman" ^^
    Klo ntar kompleknya uda jadi, beghh kayae bakal naik 50-100%..... Mana ada duit segituuuu hahaha...

    BalasHapus