Kamis, 08 Desember 2011

MENU WAJIB ERA 90-an (PART.1)..."TELENOVELA"


O-mai-Gaddd....."Hayo siapa yang dulu pernah nonton (atau sampe ngefans) tayangan ini?...angkat tangan!" hahaha.... Oke deh, bagi kalian yang terlahir di era millenium mungkin nggak gitu familiar dengan tayangan drama seri yang ditayangkan di beberapa stasiun tv kala itu (sekitar tahun 90-an). Tapi bagi kalian yang lahir di era 80-an dan berkembang di era 90-an udah pasti sempet dong "nyicipin/ ngintip/ terpaksa nonton" tayangan yang sempet booming ini. Yup, tayangan ini biasa disebut dengan "Telenovela", formatnya sih nggak jauh- jauh dari sinetron, hanya saja tayangan ini sifatnya "impor", setahu saya...kebanyakan sih diimpor dari negara Amerika Latin (Meksiko dan sekitarnya). Makanya nggak heran juga kalau ternyata telenovela ini bisa langsung merebut hati pemirsa di tanah air, mulai dari anak- anak sampai dewasa (terutama kaum hawa...dan kaum pria juga ^^), dari pembantu sampai ibu- ibu juragan, rasanya hampir semua nonton acara ini. Jujur, saya pribadi nggak gitu suka tayangan ini (tapi akhirnya ya kadang terpaksa nonton juga sih hahaha...), #terpengaruh orang- orang sekitar mungkin :P
Oke, kita bahas yuukk... tapi nggak semuanya yaa ^^.... sebatas sepengetahuan saya aja.
1. MARIA MERCEDEZ
Ini dia nih, telenovela pertama yang saya tonton kala itu. Penyebabnya adalah, telenovela ini berhasil merebut hati 'Mbok' (bebisyiterz yang jagain saya waktu taman kanak- kanak) waktu itu. Yaaa....begitulah, gara- gara tiap hari dia nonton acara ini, lambat laun saya kenal sama yang namanya "mbak Maria" di drama ini, belakangan saya baru tahu kalau peran tsb dimainkan ama Thalia,. Sejak saat itu pula saya mulai familiar dengan nama- nama yang berbau Amerika Latin seperti Fernando, Luis, Mario, Jose, Carmen, Esmeralda...dll...
2. ROSALINDA + MARIMAR
Ternyata kegemaran Mbok saya menular pada kakak perempuan saya, dan "jreeenggg" sejak boomingnya acara ini, Kakak dan Mbok berasanya kaya sahabat sejati gituh, sering kompak nonton bareng, sampe diobrolin sambil masak/ nyuci di dapur (~hellooo)...."capek deehhh". Bahkan setelah Maria Mercedez-nya kelar alias tamat, eh ada lagi telenovela baru juga masih dibintangi artis yang sama, yaaa... si Thalia itu. Judulnya "Rosalinda", abis gitu dilanjutin "Maria Cinta Yang Hilang" dan terakhir "Marimar". Dan tahu nggak, kalau lagu opening "Marimar" yang 'ndeso' tapi 'catchy' itu masih terbawa dalam ingatan sampai sekarang? hahaha...jijay sih tapi yaa gimana lagi, fenomenal sih.. Siapa coba yang nggak inget sama lirik opening song ini..."Marimaaarrr AAWWWWW!!!!" *sambil njerit yaa* wahahahaha....
3. KASSANDRA
Dan ternyata, setelah ketenaran Thalia sudah melewati masa ke-emasannya, telenovela nggak lantas berhenti sampe disitu nempelin tv-tv swasta lokal. Masih ada puluhan lainnya yang ternyata udah masuk daftar tunggu/ antri untuk tayang berikutnya. Diantaranya adalah ini, "Kassandra". Berkisah tentang perjalanan gadis sirkus yang ternyata adalah seorang cucu dari orang kaya yang ditukar, bla...bla...bla... (Paris Hilton?? bukan laah, hahaha....). Sejauh yang saya tahu, saya sih nggak gitu ngikutin tayangannya, tapi saya benar- benar merasakan dan melihat dampaknya terutama di kehidupan sekitar. Ada sejenis "Fashion style" yang waktu itu dianggap keren oleh masyarakat lokal. Apa itu?.... tersebutlah ada sebuah aksesoris "Bando/ bandana/ ikat kepala ala Gipsy" yang biasa dipakai si pemeran utama. Dan wooow...aksesoris itu ternyata berhasil menjadi wabah dikalangan penggemarnya. Saya juga masih inget ketika teman- teman sekolah saya (yang cewe2) pada saingan pake aksesoris tersebut...dan nggak ketinggalan Mbok dan Kakak saya juga hahahah.... ampuunn DJ ^^
4. LAINNYA...
Dan masih banyak lagi puluhan telenovela yang menjajah televisi lokal waktu itu.... yang berhasil membuat cenat cenut penggemarnya...hahahayyy..... Kalau kalian???? Apakah termasuk penggemar telenovela??? aaahh...ngaku aja deh nggak usah malu- malu ^^

1 komentar: