Minggu, 05 Mei 2013

STEP BY STEP BELI RUMAH (part.2)


Lanjut,… to the point yak…

Jadi, setelah kalian membayarkan sejumlah uang untuk DP dan menyerahkan sejumlah persyaratan yang diminta, maka selang seminggu kemudian, pihak Agen Developer akan langsung membangun rumah pesanan kalian. Hal seperti ini biasanya untuk perumahan dengan system inden/ order lebih dulu, bukan perumahan dengan system ready stock. Kalau saya pribadi sih lebih suka yang pake order lebih dahulu, karena kita bisa ikutan ngedesain layoutnya juga sesuai keinginan kita walopun kadarnya hanya dibatasi max 25%, tapi setidaknya kita juga bisa ikutan ngasih ide buat rumah kita.

Nilai lebih beli rumah sistem inden/order yaitu kita juga boleh ikutan kasih ide untuk desain rumah kita
Sambil rumah kalian dibangun, pihak Bank akan mengevaluasi data- data kalian. Jadi jangan kaget kalo tiba- tiba pihak Bank sesekali ingin meng-interview kalian secara langsung/ tatap muka untuk kenal lebih dekat dan lebih dalam secara personal. Bahkan jika dirasa masih belum cukup, maka pihak Bank juga akan main ke kantor tempat kalian bekerja (beneran loh ini). Baru deh dari situ Bank akan memberikan keputusan, apakah kalian layak untuk mendapatkan fasilitas KPR atau nggak.

Balik ke area perumahan. Sedikit tips nih buat kalian, jika rumah orderan kalian sudah masuk dalam tahap pembangunan, kalo bisa sih sesekali di-cek ya, maksudnya sesekali dijenguk gitu, yahh paling nggak sih sebulan 2-3 kali. Tujuannya yaa…yang pasti agar para pekerja yang memangun rumah kita nggak terlalu acak adul dalam pelaksanaan dan pemilihan bahannya. Sesekali juga kita kudu berani nyamperin pengawas lapangannya, sekedar “say hai” atau bahkan sedikit bertanya tentang proses dan kualitas bahan bangunan. Nah, dengan begitu, yakin deh, rumah orderan kalian pasti bakal dapet perhatian lebih. Dan hasilnya juga pasti mendekati harapan, masih mending kann daripada hasilnya nggak jelas, hehe…


Nah, selang 2-3 bulan kemudian, dikala rumah orderan kalian udah hampir kelar, pihak Bank akan menghubungi pihak Agen, apakah kita lolos atau nggak untuk ngedapetin fasilitas KPR. Kalau lolos, seperti yang udah saya bilang kemarin, yaa syukur deh, itu artinya kalian bisa nerusin tuh rumah sampe semuanya kelar trus ditempatin deh. Kalau nggak lolos, juga nggak perlu khawatir kok, DP kalian bakal dibalikin hampir full, ya dikurangin dikit doang untuk biaya administrasi gitu.

Gimana, semoga apa yang saya ceritakan bisa sedikitnya memberikan motivasi buat kalian yang ingin mewujudkan impian punya rumah sendiri. Sepintas agak ribet memang, tapi nyenengin juga kok, apalagi kalo sukses, wahh sensasinya itu lohh… wokehh tenann… jadi, tunggu apa lagiiii………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar