Rabu, 21 November 2012

PAPUMA (part.3 Otherside / End)

Nggak lengkap rasanya kalo kita ngobrolin segala keindahan Pantai Papuma tanpa ada sedikitpun informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya. kali aja info berikut ini sedikit banyak bisa membantu teman- teman dalam menyiapkan segala sesuatu/ keperluan yang akan dibawa sebelum mengunjungi Papuma. Dan mungkin juga bisa dijadikan saran membangun bagi peningkatan pelayanan umum di Papuma di hari-hari berikutnya. Oke, yuk kita cek satu per satu...
Oya, ada lokasi di salah satu sisi pantai yang biasa dipakai parkir perahu nelayan,
mereka biasanya melaut di malam hari
Foto ini saya ambil selepas sholat subuh, jam segitu banyak nelayan yang baru pulang melaut

1. Air Toilet.
FYI. Air disana sama sekali beda dengan air di rumah saya. Bisa jadi ini karena letaknya yang tepi pantai, membuat air Toilet disana terasa masih sedikit asin dan agak lengket gimana gitu, padahal airnya jernih. Saran saya, bagi kalian yang punya masalah dengan kulit sensitif, sebaiknya bawa sabun antiseptik untuk perlindungan kulit saat mandi. Jangan lupa bawa shampoo juga, supaya nggak gatel tuh kulit kepala. Btw, saya juga termasuk orang yang paling rewel sama toilet umum. Biaya pakai toilet disini rata-rata 2000.

2. Air Minum.
Astajiiinnn.... ternyata dimana- mana juga yang namanya air mineral kalo udah dijual ditempat wisata (apalagi di tempat yang susah untuk dapetin air mineral), harganya jadi melonjak naik berkali-kali lipat. Misalnya aja saya biasa beli air botolan seharga 2.800 disana dibandrol 6.000 - 7.000-an perbotol. saran saya, bawa aja persediaan air minum dari rumah secukupnya agar lebih hemat uang jajannya.
Bawa bekal minum dan makan secukupnya, sisanya bisa kita dapetin disana
3. Lampu penerangan.
Karena minimnya lampu penerangan jalan dan kontur akses jalan menuju lokasi yang lumayan ekstrim naik turunnya, serta fasilitas pembatas jalan dengan tebing yang masih kurang memadai, saya sarankan bagi kalian yang ingin kesana (terutama bagi yang masih baru pertama kali) agar melakukan perjalanan di pagi atau siang hari untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat menaiki/ turun tebing.
Tikungan dan tanjakan jalan dari dan kesana lumayan ekstrim dan bikin puyeng ^^
4. Fasilitas penunjang alat elektronik.
Sebetulnya kalau liburan/ camping yang tujuannya untuk refreshing dan mencari ketenangan, kita nggak boleh terlalu ribet dengan koleksi gadget apapun. Nggak usah mikirin BB, Android, Tablet, bla bla bla… seharusnya sih gitu. Tapi, udah dasarnya kita ini orang lokal yang nggak “nendang” kalo nggak bawa gadget (biar bisa foto-fotoan trus diuplod deh di Fb/Twitter, pamer gitu ceritanya hehe), jadilah kita dihadapkan pada masalah yang satu ini : KALO KAMERA/HP LOWBAT, MAU “NGE-CES” BATERAI DIMANA???. Buat kalian yang mengalami masalah ini, coba aja numpang nge-ces baterai di Kantor pusat informasi yang lokasinya nggak jauh dari area tenda. Disana kita dibebaskan untuk ngisi baterai. Baik banget ya…

5. Musholla.
Biarpun lagi hepi hepi liburan, jangan lupa sholat yaa…. Disini terdapat satu fasilitas Musholla yang bersih dan rapi, letaknya pun nggak begitu jauh dari area tenda, jadi nggak ada alasan buat kita nggak beribadah, Ok??. Tapi sayang air yang mestinya kita gunakan untuk membasuh/ bersuci ternyata mampet pet pet… Jadi ya terpaksa kita harus wudhu di toilet umum yang letaknya agak berjauhan dari Musholla.

Ok guys, semoga sekilas info diatas bisa bermanfaat bagi kalian yang berminat mau kesana…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar