Sabtu, 28 September 2013

"DIABETES, GO AWAY!!!"


Sudah baca postingan saya sebelumnya kan?? Yang tentang Diabetes itu,…
gambar dari sini
Percaya nggak percaya, beberapa minggu belakangan ini saya agak parno kalo denger nama yang satu itu. Kenapa? Pertama, sebagai manusia normal yang memiliki riwayat diabetes dalam alur keluarga (Almh. Nenek saya dulu semasa hidup dulu sahabatan banget sama si diabetes ini) saya jadi agak merinding kalo liat iklan-iklan produk bagi penderita diabetes di TV, kedua, hawa dan aura diabetes tersebut terhitung 4-5 tahunan yang lalu sudah mulai menghampiri dan hinggap di putra-putri tertua dari nenek saya (pak dhe dan bu dhe saya). Haduh brasa dapet sinyal nggak enak nih…

Dan ketiga, jreeng…jreeeng… minggu lalu ibu saya melakukan medical check-up rutin di salah satu Lab deket rumah. Dan mau tau hasilnya apa?? Oooow….. ternyata beliau juga mulai dapet salam dari Jeng Diabetiiess… Haduhhh brasa disetelin alarm nih saya… Di usia ibu saya yang sudah memasuki kepala lima ini, beliau dapet pesen dari dokter kalo mulai sekarang pola makannya lebih diperketat yaaa… mulai mengurangi berbagai jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung gula/ pemanis buatan. Dan juga kudu harus terus nge-cek kadar gula darah secara berkala, plus rajin- rajin olah raga. Nah loh… tambah grogi deh saya.

Kalo dari riwayat kesehatan saya mengalir si Jeng Diabetiies ini, berarti dari sudut pandang ilmu asal-asalan, kalo saya tinggal nunggu giliran aja kali ya… bisa disamperin si Jeng Diabetiies atau juga Nggak. Yahh, mungkin juga ini yang namanya penyakit turunan, jadi walaupun se-teratur apapun kita berusaha untuk menjaga pola hidup sehat, ya teteupp aja ujung-ujungnya kena. Contohnya ya ibu saya, beliau seorang pegawai negeri di salah satu rumah sakit umum di kota saya, sohib- sohibnya juga suter, dokter, dan orang- orang yang berkecimpung di dunia kesehatan. Sering bgt dapet masukan tentang pola hidup sehat. Jadi, ibu saya itu orangnya sangat menjaga menu makanan keluarga. Pilah pilih makanan sehat dan meminimalisir menu instan berpengawet. Buktinya kami sekeluarga semuanya Alhamdulillah sehat, nggak kegemukan dan juga nggak kurang gizi. Dan hampir seluruh keluarga besar saya juga seperti itu.

Nah, setelah peristiwa ibu saya mendapatkan pesan agar mulai lebih menjaga pola makan, maka mulai saat itupun saya juga mulai mikir kalu saya juga harus bisa merubah pola makan dan kebiasaan saya yang sukanya ngemil dan beli jajanan sembarangan kalo pas jalan di luar. Jika jeng Diabetiies tersebut saat ini sudah menghampiri hampir separuh dari total jumlah saudara Ibu saya, itu artinya mulai sekarang saya juga harus siap-siap jika suatu saat nanti si Jeng Diabetiies mulai ngelirik mau nyamperin saya. Aaaa… go away!!! #tingkat ke-parno-annya sepertinya bertambah deh ^^.


2 komentar:

  1. di keluarga saya jg gt, ada turunan diabetes
    kakek saya dari mama meninggal krn diabetes, waktu meninggal gula darahnya sampai 400
    om saya (adek papa) kena diabetes juga sampe kakinya luka trus infeksi
    awalnya saya jg takut kena tp pas periksa gula darah 2 thn terakhir hasilnya baik
    pemeriksaan pertama gula darah 77 dan pemeriksaan kedua gula darah 84
    itu trmasuk rendah kan? hehehe
    setahu saya kadar gula darah yg normal : 70-110
    gak perlu terlalu parno sih
    tergantung pola makan
    kalo saya mmg gak bgtu suka manis
    hehehhe

    BalasHapus
  2. he..he..he.. sama dong mbak....
    btw sekarang sih udah nggak parno-parno sampe segitunya lagi (walopun msh ad parnonya dikit)
    kalo dipikir2 sih mending nggak usah terlalu dipikirin juga kali ya
    lebih ke-action gt, lebih menata gaya hidup ^^

    BalasHapus