Selasa, 24 Juli 2012

OSMIA AVOSETTA


Osmia Avosetta
Saya dapat info ini kemarin saat baca majalah National Geographic. Pas baca artikel tersebut saya langsung terkagum kagum saking kagumnya...hehe.

Btw, menurut kalian, rumah yang cantik itu seperti apa?? Yang halamannya luas?? atau yang bertingkat tingkat?? atau yang banyak taman bunganya??... Kalau itu rumah versi kita (manusia, red) bisa jadi memang seperti itu, tapi apa jadinya kalau rumah cantik itu bukan kita yang buat, tapi "hewan".
Namanya "Osmia Avosetta". Lebah yang asalnya dari lereng pegunungan Turki dan Iran. Ceritanya, lebah ini jago sekale bikin sarang yang amazingly beautiful. Nggak seperti kebanyakan serangga lain yang cuman gali lobang di tanah gembur untuk naruh telor trus ditutup lagi, lebah Osvia justru lebih suka menghias dahulu ruangan didalam lubang dengan bermacam jenis kelopak bunga penuh warna yang ditata lapis demi lapis sampai menutupi seluruh ruangan di dalam lubang. Jadinya??? WOW! luar biasa cantik.... tapi sayang si baby (telur/larva) nggak bisa gaya-gayaan ngeliatin rumahnya yang cantik, secara didalem lubang kan gelap kali yee...

Keren kaannn... ini sarangnya loh
biasanya sarangnya ada di dalem tanah/ semak-semak gembur
Wah, ternyata lebah juga bisa jadi desainer interior ya, haha... Good Jobbb....
Dok. gambar dari sini yaa...

1 komentar: