Minggu, 27 Mei 2012

LUDRUK DAN LAYAR TANCAP


"Haduuuw judulnyaa, ampun deh jadul sekalee....haha...
Ah entahlah kok yao tiba-tiba aja saya keinget dua hiburan rakyat tempoe doeloe ini pas lagi enak-enaknya tiduran sambil ngebaca salah satu majalah film langganan saya.
Kalau abg yang lahirnya sekitar taon 90-an sih kayanya udah nggak pernah ngerasain hiburan rakyat ini ya. Barulah abg (lebih tepatnya om dan tante mungkin hehe ^^) yang lahirnya seputaran taon 80-an kayaknya masih familiar bgt dan mungkin bahkan masih beruntung bisa menikmati parade ludruk dan layar tancap., seperti saya hehehe (apaa coba?)....saya sih udah sering banget nontonnya, pas jaman duluuu bgt, jaman saya TK- SD gitu deh.
Saya masih inget banget dulu sering 'ngelayap' malem-malem (kalo pas liburan sekolah aja loh...) bareng beberapa temen se komplek RT berangkat nonton layar tancep semaleman sampe subuh di rumah salah satu tetangga yang lagi punya hajatan. FYI, kalo orang kampung lagi hajatan, dan kebetulan orangnya tajir, maka sudah hampir bisa dipastikan kalau kami para tetangganya bakalan disuguhi hiburan murah meriah ya apalagi kalau bukan layar tancap, ludruk, ataupun musik dangdut (ampyuun dah haha....). Dan yang nonton, fuiiiihhhh.....BUANYAAAK BANGEETT! Dari anak-anak sampe kakek nenek tumplek blek jadi satu. Kalau sekarang sih istilah kerennya ya Nobar gitu. Ada yang sampe bawa alas tikar +selimut lengkap dengan aksesorisnya bahkan sampe ada yg rela bawa termos (botol khusus air panas), gelas dan kopi segala, pokoke komplit.
suasana nontonnya kurang lebih begini ini. Foto dari sini
Yang tambah bikin seru ya ini, pas lagi enak- enaknya nonton tiba-tiba turun hujan, waaa langsung bubaarrr deh tuh penontonnya, kabur cari tempat berteduh.
Mau tahu film apa yang ditonton rame- rame kalo ada acara layar tancap di kampung??? ya kebanyakan sih pastilah film- film si raja dangdut satria bergitar "Bang Rhoma Irama"....saking ngefansnya orang- orang sekampung sampe keplok- keplok pas lagi nonton. Apalagi waktu adegan fighting, whuusss....sampe pada gregetan gitu raut muka yang nonton haha....
Kalau Ludruk lain lagi,. Acara yang biasa juga disebut ketoprak ini penggemarnya kebanyakan bapak-ibu-kakek-nenek. Kalau abg2nya sih kebanyakan udah males dari sononya. Mungkin karena ceritanya nggak menarik kali ya bagi mereka, kurang seru dan sering di campur dengan lagu- lagu tradisional yang lembut dan lemah gemulai. Bikin ngantuk total deh pokoknya.  Pernah sekali saya diajak nenek nemenin beliau nonton ludruk di lapangan kantor desa, kebetulan saat itu ada acara perayaan desa. Dan yah, saking boringnya bagi saya yang saat itu masih kecil, akhirnya saya ketiduran sampe acaranya bubar, sampe subuh juga.
Ludruk. Foto dari sini
Saat ini, apa kabar ya, Ludruk dan Layar tancap??? Sepertinya hiburan ini sudah hampir punah jika belum bisa dibilang punah total. Layar tancap sih setahu sudah ganti nama jadi Nobar a.k.a nonton bareng, itupun biasanya berupa acara olah raga terutama sepak bola. Klau nonton film udah jarang banget kali ya secara udah banyak gedung- gedung bioskop bertebaran. Sedangkan Ludruk, masih ada tuh walopun kebanyakan sudah berubah konsep jadi tayangan televisi yang dikemas lebih modern.
Yaweslah, itu aja secuil cerita saya dari jaman tempoe doeloe ^^



2 komentar:

  1. seru kaya'nya ya, gox, apalagi kalo nontonnya rame2 sama keluarga atau temen, bisa nggosipin ludruknya atau orang2 di sekitarnya bareng2 xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha...seru gila Fen, aplg pas jaman segitu hiburan kaya gini udah brasa blitzmegaplex, sambil minum kopi anget + ngobrol... beralaskan tikar dan beratapkan langit <--gelandangan deh ^^

      Hapus