Minggu, 14 April 2013

"KAWISTA" (ada yang tau??)


Kawista

Pernah dengar atau familiar dengan nama ini?? Bagi kalian yang nggak familiar maupun yang baru pertama kali tau, Kawista adalah nama buah.


Kalau di daerah saya, buah ini tergolong langka, karena memang nggak banyak orang yang tertarik menanamnya. Mungkin karena pohonnya yang sedikit berduri, mungkin….

Ceritanya, ada salah satu tetangga saya di kampung yang kebetulan menanamnya dihalaman belakang rumah, dan sepertinya bulan ini merupakan saat panen buah ini. Karena hasilnya lumayan banyak, jadinya kami yang tinggal nggak jauh dari rumahnya pada kebagian buah kawista gratis hehehe… Dan yang unik dari buah ini adalah buah ini kalo bisa sih jangan dipetik, tapi tunggu aja sampai rontok sendiri, wah nggak ngebayangin deh capeknya nungguin rontoknya… #ya nggak usah ditungguin juga kali ya hehe…

Saya sendiri sebenernya udah lumayan lupa seperti apa rasa buah ini. Seingat saya, terakhir saya makan buah ini pas saya masih duduk di bangku SMP. Barulah saat saya belah kulit buahnya yang mirip tempurung kelapa saking kerasnya, saya mulai ingat seperti apa rasa daging buahnya, manis asem gitu deh… Kalo nggak suka rasa asemnya, paling yaa biasanya ditaburi gula pasir gitu di atas daging buahnya.

Dari info yang saya dapat dari foragri.wordpress.com, berikut sekilas info tentang buah yang satu ini:
Kawista adalah tanaman buah famili Rutaceae (jeruk-jerukan), asli dari India dan Srilanka.  Disebut pula sebagai wood-apple. Nama latinnya limonia Swingle dengan sinonim Feronia lucida; Feronia elephantum Correa; Limonia acidissima L.; dan Schinus limonia L. Kawista merupakan genus Feronia dengan satu-satunya spesies, yakni limonia. Kadang-kadang kawista juga disebut elephant apple, monkey fruit, curd fruit, kath bel dan beberapa sebutan sesuai dengan dialek bahasa Urdu di India. Di Malaysia, kawista disebut gelinggai atau belinggai. Di Thailand disebut ma-khwit, di Kamboja kramsang dan di Laos dinamakan ma-fit. Orang Perancis menyebutnya pomme d’ elephant, pomme de bois, dan citron des mois.

Gimana, pengen nyoba??? ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar